Peningkatan Kapasitas Instruktur BLK Wonosobo

Pelaksanaan pelatihan, uji kompetensi, sertifikasi dan pelayanan konsultasi di bidang pelatihan tenaga kerja dalam negeri dan luar negeri serta pemberdayaan instruktur dan tenaga pelatihan, secara terpadu, efisien, efektif, dan akuntabel bagi terwujudnya tenaga kerja yang trampil, produktif, dan kompetitif menjadi tugas teknis operasional Balai Latihan Kerja. Pemberdayaan instruktur menjadi penting karena instruktur merupakan asset atau sumber daya dalam proses pelatihan, di samping tenaga pelatihan, peralatan, bahan, program dan kurikulum dan sarana penunjang lainnya.

Dalam upaya peningkatan kapasitas instruktur tersebut, Balai Latihan Kerja Kabupaten Wonsobo menyelenggarakan 2 workshop atau Bimtek sekaligus. Bimtek tersebut berupa: Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Instruktur dan Pelaporan Pelatihan Berbasis Kompetensi. Kedua acara tersebut dilakukan secara berurutan, yang dimulai pada hari Selasa 2 sampai 4 Februari 2021, bertempat di Pibee Resto Wonsoobo.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi Kabupaten Wonosobo Kristiyanto, SH. Sedangkan peserta yang hadir merupakan unsur Tim PAK JFT Instruktur dan Pengantar Kerja Kabupaten Wonosobo, Instruktur, Calon Instruktur dan Tenaga Kepelatihan juga Pengantar Kerja. Adapun Narasumbernya berasal dari Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) Semarang sebanyak 2 orang, yaitu: Dwi Nugroho Susanto, ST dan Yohan Permata, ST. Selain membahas Permen PAN RB no 36 tahun 2003 juga membahas Permen PAN RB no 82 tahun 2020.

Pelaporan Pelatihan Berbasis Kompetensi menjadi bahasan rangkaian Peningkatan Kapasitas Instruktur BLK Wonosobo pada hari ketiga, 4 Februari 2021. Narasumber yang membersamai workshop ini adalah Heri Ristianto, ST yang juga berasal dari BBPLK Semarang. Sebagai bahan bahasan pada workshop ini adalah Permen Nakertrans no 8 tahun 2014.

Diharapkan dari kegiatan ini, instruktur akan bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan yang ada untuk bersama-sama membangun masyarakat yang kompeten.

Pengumuman

Kartu Prakerja

Kartu Prakerja

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jalan Gatot Subroto Km. 05, Wonosobo
Phone: (0286) 322138
Email: disnaker.wonosobo@gmail.com
Website: https://disnakerintrans.wonosobokab.go.id